Minggu, 02 April 2017

KEKUATAN DZIKIR DAN DOA

Oleh: DR.H. Abd.Kadir Riyadi, MA

Dzikir adalah ibadah yang fleksibelbisa dilakukan dimanapunkapanpun tak ada waktu yang mengikat seperti sholat yang telah ada waktunya sendiri-sendiriTidak seperti puasa Romadhon yang ada waktunya sendiri-sendiri. Anjuran dari pada al-Quran adalah seperti yang disebutkan dalam surat Al-Ahzab (33) 41. Maknanya:” Hai orang-orang  yang berimanberdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknyaDan bertasbihlah kepada Nya diwaktu pagi dan petang.” Allah berfirman dalam surat Al Ankabut (29) 45. Maknanya: ”Bacalah apa yang telah diwahyuhkan kepadamu, yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah sholatSesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatankeji dan mungkarDan Sesungguhnya mengingat Allah (shalatadalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”


Ada beberapa orientalis yang melakukan penafsiran aneh dan tentu tidak bisa diterima. Katanya menurut ayat inisholat itu tidak wajib kalau sudah berdzikirkarena Dzikir itu lebih besar dari pada shalatmaka kalau sudah dzikir tidak perlu shalatBegitulah orientalis memahami kalimat seperti itukarena tujuan mereka adalah menghancurkan islam dari dalamdan penafsiran seperti itu di amini oleh beberapa temen kita yang menganut paham-paham seperti itu tentu sebuah pemahaman yang salahUntuk itusaya menelaah makna kalimat waladzikrullohi akbar sungguhdzikir kepada Allah itu lebih besar ) dari beberapa ahli tafsirdanmenemukan ada 7 pemaknaan / penafsiran dari kalimat tersebut.

Pertamamengatakan bahwa bersama dengan sholat dzikir itu adalah ibadah yang terbesar. Kalau soal shalat sudah tidak terhitung jumlahnya ulama para kyai yang mencoba untuk menguak betapa hebatnya shalat. Karena itu ada shalat bahagiashalat ditinjau dari segi kesehatan dan sebagainya

Kedua, mengatakan bahwa kalau kita mengingat Allah dalam shalatdzikir kepada Allah dalam shalatSehingga tujuan shalat adalah mengingat Dzikir (mengingat Allah). Kalau kita mengingatAllah dalam shalatmaka Allah akan mengingat kita

Penafsiran Ketiga, menggabungkan kalimat fahsyaa’ dan mungkar dengan dzikir. Sehingga dzikir itu lebih besar daripada kekejian dan kemungkaran. Artinya bahwa orang yang rajin dzikirtidak mungkin akan berbuat keji atau mungkar

Penafsiran keempat mengatakan bahwa dzikir merupakan ucapan yang paling agung dalam shalatdan shalat itu sesungguhnya isinya tidak lain adalah dzikir

Penafsiran yang kelima adalah penafsiran Ibnu TamimiyahIa berkata :Sesungguhnya di dalam shalat itu ada upaya untuk menghalau sesuatu yang tidak disenangi oleh Allah SWT yakni kekejian dan kemungkaranuntuk mendapatkan cinta Allah” dan pada saat yang sama bertujuan menggapai ridha Allah SWT. Sehingga tujuannya seperti pedang bermata dua, yang pertama dalam rangka melawan kemungkaran dan kekejian, yang kedua adalah dalam rangka menggapai ridho Allah SWT.

Keenam, pendapat seorang ahli tafsir kontemporer Syekh AsySya’rawidia mengatakan bahwa yang dimaksud waladzikrullohiakbar sungguh dzikir kepada Allah itu lebih besaradalah mengingat Allah diluar shalatKalau mengingat Allah saat sholat itu biasa,bukan pekara besarsebab saat itu kita sedang berada dihadapan Allah SWT. Tetapi mengingat di luar shalat, missal saat pariwisatadari pada perjalanan berjam-jam bengongngrumpingobrol nggak karuankemudian dia berdzikir kepada Allah ,inilah yang dimaksud dengan waladzi-krullohi akbar (sungguhdzikir kepada Allah itu lebih besar).

Ketujuhpendapat seorang sahabat bernama Abdullah Bin Rabiahyang oleh Ibnu Abbas di sebut sebagai pendapat yang aneh (ro’yunajiib). Suatu hari Ibnu Abbas bertanya kepada sahabat-sahabatnya maa taquuluuna fii qauliihi ta’aalaa waladzikrullohi akbar (apa pendapat kalian tentang firman Allah yang mempunyai wala dzikrullohi akbar ) Abdullah bin Rabiah menjawabMembacaAl-Quran itu baikbaca tasbih baikbaca tahmid baikbaca takbirbaikbaca tahlil juga baiktetapi yang lebih baik/paling akbaradalah an tadzkurullaaha ‘indal ma’shiyah wa tabta’id ‘anhaa (berdzikir ketika hendak melakukan maksiyatlalu menjauhinya). Seorang yang hendak bermaksiat kepada Allah, lalu ingat kepada Allah, kemudian tidak jadi dan menjauhkan diri dari bermaksiyatPerbuatan seperti inilah yang dikatakan Abdullah bin Robiahdzikir yang paling baik (akbar). Karena seseorang yang sudah terjerat pada jaringan kemaksiyatanakan sangat sulit melepaskan diriMisalnya di kantor ada uang Negara yang kalau kita menggunakan uang itutidak ada satupun orang yang tahuaman untuk digunakantetapi dalam hatinya ingat Allah,takut kepada Allah, lalu menjauh kan diri dari berbuat korupsi inimaka itulahdzikrul akbar (dzikir yang paling besar).


Sumber : Lembar Jum'at Masjid Al-Akbar Surabaya